Asesories Material Instalasi Penangkal Petir

Aksesories material instalasi penangkal petir merupakan suatu perangkat tambahan yang berfungsi untuk mendukung perangkat dan instalasi penangkal petir yang dipasang, dan Aksesories material insyalasi penangkal petir sendiri ada banyak jenisnya, berikut di antaranya :

1. Event Counter Petir “FLASH TRIKE”
Event Counter atau Counter Strike merupakan pendukung alat proteksi petir yang berfungsi untuk mengetahi jumlah sambaran petir. Dan pada perangkat penyalur petir yang terpasang, alat ini dirancang untuk menunujukan keakuratan dalam mendeteksi berapa banyak sambaran yang mengenai instalasi dan struktur logam yang terpasang. Sehingga bisa in analisa dan diantisipasi jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh sambaran petir. Selain memiliki bentuk yang simple, Event Counter ini juga mudah di pasang.

Dan terdapat dua jenis peralatan ini, yaitu :
• Flash Trike FL-I 1000 dengan sistem kerja beda potensial penghantar atau parallel.
• Flash Trike FL-I 1500 dengan sistem kerja induksi penghantar.

2. Cable SKUN
Cable Skun atau Cable Lug merupakan konektor yang dipasang pada ujung kabel dan sudah dilengkapi dengan pengait. Kabel konduktor atau kabel penghantar petir yang terdiri dari serabut sembaga maupun tembaha ulir membutuhkan media untuk dapat terhubung dengan kabel lainnya dan inilah yang dinamakan dengan kabel skun, atau bisa di bilang kabel skun merupakan simpul atau penjepit yang sudah dilengkapi lubang pada bagian ujungnya untuk dihubungkan dengan kabel penghantar lainnya.

Sementara, lubang pada bagian ujung skun sendiri yaitu sebagai tempat mur baut untuk mengencangkan sambungan. Selain itu, kabel skun juga tersedia dengan berbagai ukuran atau sesuai dengan kabel penghantarnya.

3. Conector SLEEVE
Jika didalam desain perencanaan penyalur petir dengan metode tertutup atau kabel tidak menyentuh struktur bangunan, maka dibutuhkan pipa isolator yang dipasang diantara tiang penyangga dengan Head Terminal penangkal petir, atau biasanya disebut dengan Conector Sleeve.

Umumnya, merk-merk Unit terminal penangkal petir elektrostatis, bagian ujung penerima petir atau finial sudah tidak terhubung dengan tiang penyangga, namun terdapat feomena bahwa ketika sambaran petir menyambar ujung finial maka disekitar ujung tersebut akan muncul bola api energy, dan kemungkinan akan merambat kedalam bangunan melalui pipa penyangga karena letaknya terlalu dekat. Untuk itulah Fungsi dari Conector Sleeve sendiri yaitu untuk menjauhkan posisi ujung finial dengan pipa penyangga dengan jarak tertentu.

4. Bak Sambungan atau Test Box
Perlu anda ketahui bahwa sangat tidak disarankan menyambung kabel penghantar penangkal petir, karena akan menyebabkan efek sideflashing atau keluar dari jalur penghantar maupun efek corona atau pancaran elektromagnetis. Dan kemungkinan akan menganggu instalasi elektrikal didalam gedung.

Sementara, fungsi utama dari Bak sambungan ini sendiri yaitu percobaan grounding baik saat terpasang maupun ke tahun selanjutnya. Dan posisi dan bahan yang digunakan juga beragam, yaitu mulai dari bahan plat besi, cor aluminium hingga pasangan batu bata yang diletakkan pada permukaan tanah atau pada dinding.

5. TGC ” Trancient Ground Clamp”
Jika disebuah lokasi terdapat beberapa titik ground dari perangkat yang berdekatan, misalnya listrik, instrument, radio dan lainnya, maka TGC ini berfungsi untuk menyamakan beda potensial anatara beberapa grounding jika mempararelkan semua grounding yang ada.

Sementara, cara kerja dari TGC dengan Switch Normal On sendiri yaitu jika tidak ada arus besar yang terbuang maka masing-masing grounding akan terhubung dengan baik.Namun jika terdapat salah satu ground melepaskan muatan ke tanah maka Switch OFF akan memutuskan pararel grounding ini. Sehingga Ground yang melepaskan muatan akan berdiri sendiri tanpa mengganggu Grounding yang lainnya.

Kunjungi : PT Bintang Kurnia Jaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *