Jenis Sambaran Petir

Ketika terjadi sambaran petir maka energy petir akan membakar semua materi yang dilewati, dan jika materi tersebut cukup kuat maka akan terjadi sesuatu yang berarti, sedangkan jika materi tersebut sangat rentan maka akan hangus dan bisa sampai meledak jika tidak dilengkapi dengan penyalur petir atau penangkal petir.

Misalnya seperti, logam struktur bangunan, dimana materi besi ini cukup kuat menahan panas akibat energy petir namun yang terjadi mungkin hanya perubahan warnya yang menjadi kehitam-hitaman. Namun berbeda jika besi tersebut dimensinya kecil maka akan terjadi tahapan proses yaitu pemanasan – peleburan dan penguapan.

Tetapi, apa jadinya jika petir menyambar materi Gas, seperti udara bebas. Maka proses terjadinya pemanasan – peleburan dan penguapan akan sangat cepat dan hampir bersamaan, dank arena proses yang cepat itu maka akan timbul sebuah ledakan guruh atau Guntur yang sering kali kita dengar.

Dan untuk sambaran petir sendiri, terbagi menjadi 2 jenis sambaran, yaitu :
Sambaran Petir Secara langsung
Dampak dari sambaran petir secara langsung ini akan menimbulkan kerugian yang sangat besar dan untuk mengatasi hal tersebut maka dibutuhkan instalasi penangkal petir eksternal, yang sering dijumpai pada batangan logam di atas sebuah bangunan maupun tower. Sementara, fungsi dari penangkal petir eksternal ini sendiri yaitu untuk melindungi serta menyalurkan arus petir yang menyambar secara langsung dan mengelai splitzen atau air terminal petir kedalam grounding atau pembumian.

Sambaran Petir Tidak langsung
Sambaran petir secara kasat mata atau tidak terlihat, merupakan sebuah gelombang elektromagnetik yang disebabkan oleh petir ketika menyambar atau induksi. Dan untuk mengatasi masalah ini, maka dibutuhkan internal proteksi petir berupa pemasangan Arraster atau flash trab yang dipasang pada main distribusi panel (MDP) listrik maupun panel pembagi. Sementara, Induksi sendiri dapat mengalir melalui instalasi listrik dari PLN atau kabel instalasi Telekomunikasi yang terhubung pada sebuah bangunan. Oleh karena itulah instalasi flash trab harus dipasang pada panel.

Selain itu, dampak lainnya dari sambaran petir secara tidak langsung yaitu Noise atau suara gemuruh yang melebihu batas wajar sehingga menyebabkan resonansi. Sementara resonandi sendiri merupakan ikut bergetarnya suatu benda ketika benda lain didekatnya digetarkan. Resonansi ini bisa terjadi karena frekuensi benda yang bergetar sama dengan frekuensi alami benda yang ikut bergetar. Dan suara decibel tinggi dari getar juga yang dibunyikan bisa mencegah gelas Kristal. Sedangkan jika kita mengaitkan pada gemuruh ribuan decibel yang dihasilkan oleh petir maka kita bisa membayangkan bahwa bahaya tersebut bisa mengancam material bahkan korban jiwa yang tidak sedikit.

Kunjungi : PT Bintang Kurnia Jaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *