Tips Memperkirakan Harga Pemasangan Penangkal Petir

Alat Penangkal Petir untuk rumah atau bangunan mungkin saat ini sangat dibutuhkan, terutama didaerah yang rawan oleh sambaran petir. Lalu berapakah harga alat penangkal petir sebenarnya ? Jika berbicara soal harga penangkal petir, untuk sebuah rumah maupun bangunan, maka tidak bisa menemukan harga pastinya. Karena biasanya, harga penangkal petir yang didapatkan oleh daftar harga penangkal petir belum meliputi harga keseluruhannya.

Harga penangkal petir konvensional biasanya relative lebih murah jika dibandingkan dengan harga penangkal petir elektrostatis. Sedangkan harga penangkal petir tower dan untuk bangunan sebenarnya sama saja atau tergantung jenis penangkal petirnya sendiri. Dan membeli penangkal petir konvensional sudah termasuk harga tombak penangkal petirnya juga atau disebut spitzen.

Untuk harga pastinya sendiri, sebenarnya tidak bisa dipastikan, karena harga penangkal petir dari perusahaan satu dengan yang lainnya berbeda-beda. Sedangkan untuk biaya keseluruhannya hingga pemasangannya, harga penangkal petir juga berbeda-beda karena mengingat tanahya juga tidak sama. Namun untuk mengetahui kisaran harga penangkal petir dan biaya yang harus disiakan, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan berikut ini :

Lokasi
Lokasi rumah atau bangunan juga mempengaruhi harga penangkal petir yang akan dipasang, berikut yang harus anda perhatikan di bawah ini :
– Apakah daerah anda termasuk daerah yang rawan petir ? jika iya, maka anda harus membutuhkan komponen anti petir terbaik, Yaitu anda harus membutuhkan kualitas penangkal petir yang sangat baik dan biasanya memiliki harga yang cukup mahal.
– Apakah disekitar bangunan atau rumah terdapat bangunan yang lebih tinggi dan berpotensi terkena sambaran petir ? Jika iya, maka anda harus memutuhkan penangkal petir, karena petir akan mudah menyambar bangunan yang tinggi. Dan bangunan anda juga kemungkinan akan terkena efek induksi dari sambaran petir tersebut.
– Apakah di daerah anda memiliki tingkat kepadatan penduduk yang rendah ? Jika iya, maka petir akan mudah menyambar, karena mengingat area disekitar anda yang lebih lapang.

Dengan beberapa keterangan diatas tadi, maka anda bisa mulai menghitung harga penangkal petir berdasarkan komponen yang dibutuhkan, dimana komponen tersebut juga akan menjamin perlindungan dari petir yang menyambar.

Komponen Anti Petir
Ada tiga komponen utama dalam sistem penangkal petir yang harus anda perhitungkan sebelum menentukan harga anti petir yang sesuai dengan biaya anda. Dan tiga komponen tersebut di antaranya adalah :
1. Head Terminal Atau Apitzen (Ujung Penangkal Petir)
Ini adalah bagian yang paling ujung dan berada diatas bangunan. Pada penangkal petir konvensional yang berbentuk runcing seperti tombak atau spitzen ini dipasang pada bagian paling atas, dan bagian inilah yang akan menerima sambaran petir. Sedangkan pada penangkal petir elektrostatis atau radius, biasanya bagian ini berbentuk bulat seperti payung.

2. Down Conductor (Kabel Penghantar)
Untuk kabel konduktor bisa digunakan kabel coaxial atau jenis kabel BC (Bare Copper). Dimana kabel inilah yang akan menghubungkan antara tombak dan tanah sebagai penetralisir. Selain itu, komponen ini juga berfungsi untuk menentukan harga penangkal petir yang akan dipasang. Jika anda menggunakan kabel dengan ukuran yang panjang, maka tentunya anda membutuhkan biaya yang lebih besar. Tetapi sebaiknya untuk menggunakanjarak terpendek saja karena perjalanan petir juga akan lebih pendek sehingga cepat dinetralisir.

3. Grounding System
Bagian ini merupakan bagian yang berfungsi untuk menerima dan menetralisir. Bagian ini sendiri dibuat dengan membuat pembumian menggunakan batang Rod tembaga yang berdiameter 70 mm yang di tancapkan kedalam tanah. Dan biasanya membutuhkan beberapa batang Rod tembaga. Dengan begitu maka harga penangkal petir yang terpasang juga bisa ditentukan oleh jumlah batang yang ditanam.

Kunjungi : PT Bintang Kurnia Jaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *