Standart instalasi listrik yang baik

Instalasi listrik yang sesuai standart sebaikanya harus menggunakan panel pembagian yaitu untuk pembagian setiap bagian ruangan yang akan di instalasi listrik, Seperti contohnya instalasi listrik pada rumah, dimana setiap ruangan dalam rumah sebaiknya harus memiliki line sendiri-sendiri. Misalnya ruang tamu, dapur, taman dan lain sebagainya. Tujuan di lakukan hal tersebut karena jika suatu saat salah satu ruangan mengalami konsleting listrik maka ruangan yang lainnya masih bisa berfungsi, selain itu, tujuan lainnya yaitu untuk mengamankan jika suatu saat terjadi konsleting listrik pada ruangan-ruangan tersebut maka cukup mematikan listrik dari panel tersebut.

Dan panel listrik sendiri terdiri dari beberapa macam ukuran atau tergantung pada penggunaannya. Untuk tata cara instalasi panel listrik sendiri sebenarnya cukup mudah atau tidak terlalu sulit tetapi di butuhkan ketelitian dan konsentrasi yang extra.

Berikut di bawah ini adalah beberapa langkah-langkah standarr pemasangan instalasi listrik yang baik dan benar :
– Langkah yang pertama pemasangan panel listrik yaitu mempersiapkan box panelnya di tempat yang sudah di persiapkan.
– Pasang busbar arde dan neutral pada tempat yang sudah di sediakan di box panel tersebut.
– Pasang MCB sesuai ukuran penggunaan dan jumlah yang di butuhkan.
– Kemudian pasang semua kabel grounding atau arde pada busbar arde.
– Pasang kabel netral pada busbar neutral yang telah di sediakan.
– Dan kemudian Pasang kable line atau positip pada mcb. Dan disinilah banyak yang perlu di perhatikan, yang pertama yaitu hitung semua perkiraan pemakaian listrik pada setiap ruangan untuk menentukan besar kecilnya ampere MCB. Kemudian pasang rel kabel atau penjamper mcb di bagian bawah MCB. Dan jangan lupa juga memasang meanswith dengan tujuan jika ingin memadamkan semua ruangan cukup menurunkan atau mematikan meanswithnya saja maka semua arus listrik akan secara otomatis terputus.

Namun perlu di ingat, bahwa panel listrik rawan sekali terjadi kerusakan jika terlalu sering di periksa, karena pada setiap koneksinya menggunakan baut, jika dalam jangka waktu yang cukup lama dengan beban yang banyak maka kemungkinan besar baut-baut tersebut bisa mengalami kekenduran dan tentunya akan mengakibatkan renggangnya sambungan atau koneksi tersebut. Untuk itu sebaiknya setiap instalasi listrik yang menggunakan panel listrik harus di periksa setiap 6 bulan sekali.

Anda Sedang Mencari : Penangkal Petir Kurn, Penangkal Petir Gedung, Instalasi Listrik Gedung, Instalasi Listrik Rumah, Instalasi Telpon dan Jaringan Data

Kunjungi : PT Bintang Kurnia Jaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *