Pentingnya Sistem Fire Sprinkler Pada Sebuah Bangunan

Sistem Fire Sprinkler merupakan sebuah alat yang biasanya di pasang di beberapa gedung perkantoran, sekolah hingga di perumahan. Sistem Fire Sprinkler ini sendiri berfungsi untuk mencegah terjadinya kebakaran yang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat karena memang bisa menyebabkan terjadinya korban jiwa dan materi yang cukup banyak.

Dengan memasang sistem Fire Sprinkler ini maka anda sudah mempersiapkan sistem pengamanan yang lebih modern jika terjadi kebakaran, karena alat ini akan memberikan perlindungan yang aktif dan otomatis. Selain itu anda juga tidak perlu iku campur dalam pemadaman api, karena ketika apanas dari api terdeteksi oleh alat ini, maka alat ini akan langsung menyirami semua area yang terdeteksi.

Sementara itu, cara kerja dari sistem fire sprinkler ini sendiri pun cukup sederhana namun sangat efektif dalam menanggulangi kebakaran. Dimana sistem ini akan menyimpan air yang cukup banyak didalam pipa-pipa yang sudah dipasang dan akan di beri tekanan tertentu dari pompa hydrant atau pompa sprinkler. Jika sensor mendeteksi adanya panas api dengan suhu tertentu dalam sebuah ruangan, maka air akan langsung menyemprot dan membasahi semua ruangan. Setiap pipa air di dalam sistem Fire Sprinkler ini juga ditutupi oleh sebuah pin yang terbuat dari logam yang ditahan oleh sebuah silinder kecil yang terbuat dari kaca, dan didalamnya terdapat air raksa, ketika air raksa tersebut terkena panas, misalnya 68 celcius maka silinder kaca akan pecah dan menyemprotkan air dengan cukup deras.

Selain pentingnya sistem fire sprinkler ini untuk sebuah bangunan, fire sprinkler ini juga memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan jenis alat pemadam atau pencegah kebakaran lainnya atau bahkan sistem fire sprinkler ini dapat bekerja lebih cepat dan efektif daripada selang penyemprot milik petugas kebakaran. Untuk itulah, sistem fire sprinkler ini menjadi sebuah pilihan yang tepat bagi sebuah bangunan.

Selain itu, sistem fire sprinkler ini juga bisa bekerja dengan sangat baik ketika anda tidak berada di tempat sekalipun. Berbeda dengan alarm kebakaran yang hanya akan memberikan peringatan pada petugas pemadam kebakaran. Dengan alat ini, api akan langsung dipadamkan tanpa harus menunggu datangnya petugas kelokasi kebakaran.

Selain hanya sebagai detector layaknya fire alarm, fire sprinkler ini juga berfungsi sebagai eksekutor ketika terjadi kebakaran. Perawatan Fire Sprinkler ini pun juga sangat mudah, berbeda dengan alarm kebakaran yang membutuhkan perawatan rutun yang cukup sulit dilakukan oleh orang awam.

Biasanya, sistem fire sprinkler ini dipasang diruang usaha, perkantoran, pabrik dan juga tempat umum lainnya, namun tidak ada salahnya juga jika anda memasangnya dirumah untuk mencegah terjadinya kebkaran yang bisa terjadi kapan saja. Apalagi jika anda memiliki barang-barang yang cukup berharga dan sangat mudah terbakar.

Kunjungi : BINTANG KURNIA JAYA

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *