Penangkal Petir Untuk Masjid

Hingga saat ini, masih banyak orang yang belum mengetahui betapa pentingnya penangkal petir untuk sebuah bangunan, termasuk juga Masjid. Bahkan masih ada yang tidak mengetahui dimana letaknya penangkal petir untuk sebuah masjid. Padahal fungsi utama dari adanya penangkal petir yaitu untuk melindungi sebuah bangunan termasuk juga yang ada disekitar bangunan tersebut dari resiko kerusakan karena Sambaran petir.

Sementara pada bangunan masjid sendiri, pasti selalu dilengkapi dengan kubah masjid maupun ada juga yang memiliki menara masjid, dan oleh karena itu, Masjid juga termasuk dalam kategori bangunan yang tinggi. Dan karena bangunan yang tinggi tersebut maka sebuah Masjid membutuhkan penangkal petir sebagai protector atau pelindung.

Namun yang harus diperhatikan yaitu instalasi atau pemasangan dari penangkal petir sendiri harus benar dan tepat. Sementara, untuk bangunan masjid, sebaiknya menggunakan penangkal petir elektrostatis, karena penangkal petir elektrostatis tersebut memiliki radiasi proteksi yang lebih luas, Sehingga dapat melindungi benda-benda yang terdapat disekitar masjid dari bahaya sambaran petir. Sedangkan jika memilih menggunakan penangkal petir standart, maka jarak proteksinya tidak bisa luas, sehingga benda-benda yang terdapat disekitar masjid tidak bisa terlindungi secara keseluruhan. Dan harga dari penangkal petir elektrostatis sendiri memang memiliki harga yang cukup mahal, namun radiasi proteksi yang dihasilkan seimbang dengan yang dibutuhkan.

Untuk langkah pertama dalam memasang penangkal petir yang baik dan benar adalah terlebih dahulu membangun Grounding system. Itu karena berhubungan dengan faktor keamanan dan kemudahan dalam membuat sistem penangkal petir yang sesuai.

Kemudian pilihlah tempat pembumian yang memungkinkan untuk mengambil jarak terdekat dengan pemasangan penangkal petir di atas bangunan. Lalu kabel penangkal petir dipasang diluar bangunan, dan usahakan kabelnya terlindungi, misalnya bisa menggunakan pipa sebagai alat pelindung kabel. Dan kemudian batang penangkal petit yang memiliki ujung lancip dipasang diatas kubah masjid.

Kunjungi : PT Bintang Kurnia Jaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *