Penangkal Petir NeoFlash

Alat penangkal petir NeoFlash merupakan sebuah alat penerima sambaran petir yang memiliki cara kerja ESE (Early Streamer Wmission Lighting Conductor) atau kata lain Elektrostatic system, yaitu ujung penerima petir dengan sistem kerja mengumpulkan serta menyerap energy awan yang mengandung energy statik. Dimaa bagian ujung penerima Neoflash bekerja dengan mengumpulkan muatan awan yang telah di hasilkan dalam proses induski elektromagnetis dan menghimpunnya. Jika muatan yang di simpan tersebut cukup besar maka kemudian akan di lepaskan di ujung utama. Dengan proses itulah maka terminal akan mengeluarkan lidah api penghantar ke udara atau biasa disebut streamer. Kemudian jika streamer sudah tertembak ke udara dengan muatan netral maka akan memancing pengarahan sambaran petir, yang pada akhirnya akan mengarahkan sambaran petir tersebut di satu titik dengan meniti jalur streamer. Dan kemudian penangkal petir NeoFlash akan menerima seluruh sambaran energy petir dan akan meneruskannya ke tanah melalui kabel penurunan, Sehingga sistem ini dapat menghilangkan kemungkinan sambaran petir liar dari akar petir.

Sementara Penangkal petir NeoFlash sendiri memiliki 4 seri type yaitu :
– Head NeoFLASH TZ 03 (Actual radius 87 mtr non Radioactif)
– Head NeoFLASH TZ 04 (Actual radius 100 mtr non Radioactif)
– Head NeoFLASH TZ 05 (Actual radius 125 mtr non Radioactif)
– Head NeoFLASH TZ 06 (Actual radius 156 mtr non Radioactif)

Dari ke 4 type diatas, masing-masing memiliki spesifikasi yang dibedakan berdasarkan radius perlindungan area atau semakin Tinggi Posisi Terminal Neoflash dari Tinggi Areal sekitar maka akan menghasilkan Radius yang panjang.

Head terminal NeoFlash ini sangatlah cocok digunakan untuk penangkal petir gedung-gedung bertingkat atau diinstal di tempat yang memiliki area yang luas seperti Pergudangan, Pertambangan, Lapangan Golf Etc karena memiliki proteksi petir yang beragam dan cukup luas.

Dan berikut di bawah ini adalah beberapa tips atau cara dalam memasang Head NeoFlash :
1.Standart Tinggi Pemasangan
Pada umumnya standart dari kerja perangkat Head Neoflash yaitu Terminal Penerima Petir Neoflash harus di pasang minimal lebih tinggi sekitar 3Meter dari rata-rata tinggi bangunan yang ada di sekitarnya. Dan jika pemasangannya lebih tinggi lagi maka akan sangat baik karena secara otomatis pengumpulan energy akan terpusat dan tentunya akan menghasilkan radius perlindungan yang lebih besar lagi.

2.Standart Kabel Pemasangan
Secara umum, standart pengunaan kawat penghantar yaitu besarnya sekitar 50mm sudah cukup untuk menghantarkan arus petir, Dan jika memperbesarnya maka kami sarnkan sebagai bentuk antisipasi overload arus.
Sedangkan bagi kawasan terbuka yang kurang pengawasan atau rawan pencurian kabel maka di sarankan untuk memakai kabel Alumunium saja karena kawat jenis ini tidak laku di pasar loak.

3.Standart Hambatan Grounding
Jika nilai hambatan grounding di bawah 5ohm maka nilai tersebut sudah cukup, tetapi jika nilainya di atas 5ohm maka bisa dikatakan tidak bagus, Karena titik berat pembuatan grounding terdapat pada nilai tahanan sebaran di suatu lokasi. Sementara untuk bahan grounding sendiri yaitu bisa apa saja, asalkan tahan korosi pada daerah tersebut karena tingkat korosif di sebuah lokasi berbeda-beda. Karena jika di sebuah lokasi memiliki kadar garam yang cukup tinggi maka tingkat korosif juga akan sangat tinggi tetapi justru daya hantar listriknya akan lebih baik dan bagus. Contohnya jika anda memilih bahan dengan standart atas maka anda bisa memilih menggunakan Kawat tembaga, As Tembaga dan juga Stainless. Tetapi penggunaan Pipa Galfanise Hotdif juga sudah cukup baik karena menurut pengalaman bahan jenis ini mampu bertahan sekitar 10 tahun pada lahan payau.

Anda Sedang Mencari : Penangkal Petir, Penangkal Petir Surabaya, Kontraktor Listrik Surabaya, Instalasi Telpon dan Jaringan Data, Instalasi CCTV & MATV

Kunjungi : PT Bintang Kurnia Jaya

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *